Jangan Lewatkan Perkembangan Anak anda

29 Apr 2011

Anak BermainMengenal perkembangan usia anak dan perubahan prilaku mereka bukanlah semata-mata tugas guru , akan tetapi ia adalah tugas orang tua. Bahkan yang paling wajib mengetahui perkembangan ini adalah orang tua sebab anak akan lebih banyak bergaul dengan orang tua karena itu mengapa rumah menjadi sekolah pertama bagi anak-anak, terutama anak dengan usia perkembangan rentan antara tujuh hingga dua belas tahun. Dalam ilmu psikologi perkembangan anak terutama usia tersebut dikenal beberapa karakteristik yaitu :

1. Masa kritis dalam dorongan berprestasi, suatu masa di mana anak membentuk kebiasaan untuk mencapai sukses, tidak sukses, atau sangat sukses. Sekali terbentuk, kebiasaan untuk bekerja di bawah, di atas atau sesuai dengan kemampuan cenderung menetap sampai dewasa.

2. Masa berkelompok, suatu masa di mana perhatian utama anak tertuju pada keinginan diterima oleh teman-teman sebaya sebagai anggota kelompok, terutama kelompok yang bergengsi dalam pandangan teman-temannya.

3. Masa penyesuaian diri, anak ingin menyesuaikan diri dengan standar yang disetujui kelompok dalam penampilan, berbicara, dan perilaku.

4. Masa kreatif, suatu masa dalam rentang kehidupan di mana akan ditentukan apakah anak-anak menjadi konformis atau pencipta karya yangbaru dan orisinal.

5. Masa bermain, bukan karena banyaknya waktu bermain, melainkan karena luasnya minat dan kegiatan bermain.

Inilah perubahan perilaku yang harus diwaspadi oleh orang, mari mewaspadai perubahan tersebut agar kita tidak terlewatkan untuk berperan positif pada usia anak-anak kita membutuhkan peran kita sebagai orang tua. Semoga kita menjadi orang tua yang sukses


TAGS anak karakteristik psikologi masa kritis suskes perkembangan masa berkelompok penyesuaian kreatif perilaku


-

Author

Follow Me